Perlengkapan Kolam Renang Sebagai Fitur Tambahan

Setelah sebelumnya dibahas mengenai peralatan kolam renang terpenting, maka kali ini akan kami sampaikan fitur perlengkapan kolam renang tambahan yang tentunya bisa memperindah kolam renang anda, mempermudah perawatan kolam renang dan menambah fungsionalitas dari kolam renang. Hal ini sangat penting bagi kontraktor kolam renang maupun konsultan kolam renang.

Lampu Kolam Renang

Lampu merupakan peralatan tambahan untuk memperindah tampilan kolam renang saat malam hari. Lampu yang digunakan merupakan tipe underwater dan dipasang di dinding kolam renang. Model lampu kolam renang ada 2, yaitu halogen dan LED. Untuk model LED tersedia dalam 2 pilihan warna, yaitu single color (1 warna) dan RGB (warna warni). 

Lampu kolam renang sudah pasti merupakan perlengkapan kolam renang tambahan yang wajib dimiliki terutama apabila kolam renang akan digunakan pada malam hari serta mempercantik visual dari kolam renang itu sendiri.

Sistem Desinfektan Kolam Renang Otomatis

Pada kolam renang sederhana, sistem desinfektan kolam renangnya tidak menggunakan alat, melainkan dengan cara menaburkan kaporit secara manual ke kolam renang. Apabila tidak ingin repot menambahkan obat kolam renang secara manual, sekarang sudah tersedia sistem desinfektan kolam renang otomatis seperti halnya automatic pool chlorinator atau klorinator kolam renang otomatis.

Alat ini akan melakukan pengukuran pada parameter kolam renang secara otomatis. Apabila parameternya kurang, maka alat akan langsung menginjeksi obat kolam renangnya. Biasa alat ini juga sudah dilengkapi pH control yang akan menginjeksi pH down apabila pH terlalu tinggi.

Alat desinfektan ini tersedia dalam berbagai model, seperti alat injeksi kaporit cair, alat injeksi kaporit granular, UV-Ionizer, salt chlorinator, UV + ozon , dan lain-lain. Perlengkapan kolam renang berupa klorinator otomatis ini sangatlah penting terutama untuk kolam renang berukuran besar yang tidak bisa dengan mudah diatur kadar klorin atau kaporitnya.

Water Feature

Untuk mempercantik kolam renang, kita dapat menambahkan beberapa water feature pada kolam renang. Beberapa macam water feature yang digunakan pada kolam renang, yaitu waterfall (air terjun), water wall, cobra water curtain (tirai air), water gush shower dan fountain (air mancur).

Untuk mendorong air ke water feature, pompa yang digunakan tidak boleh sama dengan pompa kolam renang yang digunakan untuk sirkulasi. 

Perlengkapan kolam renang yang dapat menambah estetika kolam renang sangatlah penting karena akan membuat suasana kolam renang lebih nyaman dan juga menambah nilai visual dari lokasi.

Swimjet atau Swimmill

Alat ini akan menghasilkan arus air yang sangat besar sehingga kita dapat berenang melawan arus, mirip seperti aktivitas lari di treadmill. Umumnya alat ini digunakan pada kolam yang berukuran kecil, sehingga kita dapat berenang dengan bebas tanpa batasan luas kolam. Fungsi lainnya, alat ini dapat digunakan untuk pijat dan terapi berjalan di dalam air.

Hydromassage

Hydromassage atau pijat dengan bantuan air, biasanya digunakan pada kolam spa atau jacuzzi. Namun apabila kita tidak memiliki kolam spa, kita juga dapat menambahkan fitur tersebut pada kolam renang kita.

Perlengkapan kolam renang seperti hanya nozzle pijat air dapat diletakkan pada salah satu sisi kolam renang dan posisinya diatur sesuai dengan bagian tubuh mana yang ingin dipijat.

Pemanas Kolam Renang

Apabila kolam renang berada di daerah yang cukup dingin seperti di dataran tinggi, kita dapat menambahkan pemanas kolam renang agar suhu air kolam dapat dipanaskan sampai suhu standar untuk berenang. Heater kolam sendiri terbagi menjadi beberapa model, yaitu heat pump, electric heater, gas heater dan solar heater.

Perlengkapan kolam renang memanglah sangat banyak jenisnya. Penggunaannya haruslah disesuaikan dengan fungsi serta anggaran yang kita miliki. Yang pasti, peralatan utama haruslah ada agar kolam renang anda selalu jernih dan bersih. Spesifikasi peralatannya juga harus tepat dan disesuaikan dengan ukuran kolam renang anda.

Bagi anda para konsultan kolam renang maupun kontraktor kolam renang ataupun calon pemilik kolam renang, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang menarik bagi anda semua.

Silahkan menghubungi PT ESPARINDO DAYAMEGAH untuk konsultasi tentang peralatan kolam renang yang anda perlukan.

Baca juga: Jasa konsultasi pembuatan air mancur

Comment