Hal apa saja yang harus diperhatikan kontraktor kolam renang sebelum kolam dibuat


Hampir setiap orang menginginkan adanya kolam renang di dalam rumahnya terutama apabila memiliki lahan yang cukup. Biasanya kolam renang pribadi dikehendaki karena dapat memberikan sifat privasi yang membuat sang pemilik dapat berenang kapan saja. Tentu saja kami di Esparindo selaku kontraktor kolam renang siap untuk membantu sang pemilik kolam agar desain kolam renang dan konsep kolam renang yang diinginkan dapat terealisasi.

Kontraktor kolam renang bersama dengan pemilik rumah perlu melakukan perencanaan kolam renang secara bersama agar dapat menghindari pembuatan kolam renang yang tidak tepat. Biasanya kesalahan pada desain kolam renang bisa terdapat pada sistem filtrasi dan sirkulasi kolam renang yang tidak memadai atau kurang tepat sehingga air kolam menjadi kurang jernih atau kurang bersih.

Yuk mari kita lihat hal penting apa saja yang harus diperhatikan di dalam membuat perencanaan kolam renang yang baik.


Tujuan dibuatnya kolam renang

 

Hal pertama adalah apa tujuan kolam renang ini dibuat. Apakah akan digunakan hanya untuk estetika dan hiburan saja sehingga akan lebih mengutamakan konsep kolam renang? Ataukah akan digunakan untuk olahraga dan relaksasi sehingga akan lebih mengutamakan penggunaan kolam renang ini?

Selain itu desain kolam renang juga harus menyesuaikan kepada para pengguna apakah akan ada anak kecil atau lansia yang akan menggunakan kolam. Tentunya tata letak dan bentuk kolam harus disesuaikan dengan para pengguna yang ada.

Lahan yang tersedia

 

Setelah mengetahui tujuan kolam renang dibuat, tentunya berikutnya perlu dipastikan seberapa besar luas lahan yang dapat digunakan oleh kontraktor kolam renang untuk membuat kolam. Ukuran kolam renang biasanya bebas, tetapi dengan ukuran kecil tentunya menjadi agak kurang nyaman untuk berenang.

Kolam renang yang nyaman untuk berenang biasanya desain kolam renang tersebut dapat memiliki ukuran minimum panjang 10 meter dan lebar 3 meter. Apabila anda suka berenang tetapi tidak memiliki cukup banyak lahan, maka anda dapat menggunakan sistem counter current atau juga dikenal sebagai swimmill atau swimjet.

Tetapi bila lahan anda memadai, tentunya anda dapat menyesuaikan ukuran kolam dengan lahan yang tersedia. Apabila anda sudah mengetahui dimensi kolam yang hendak dibuat, berikutnya adalah menentukan kedalaman air kolam yang diinginkan yang biasanya antara 1,2 meter hingga 1,4 meter. Mengapa kedalaman harus diantara dua angka tersebut? Karena mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan. Hal ini harus selalu diperhatikan oleh kontraktor kolam renang.

Perlu diperhatikan, lahan yang tersedia jangan semua dihabiskan untuk kolam renang karena perlu diperhatikan sistem sirkulasi kolam renang yang akan mencakupi pompa kolam renang dan filter kolam renang sebagai komponen utama.

Selain itu, konsep sirkulasi kolam renang harus diperhatikan apakah hendak dengan model overflow, semi-overflow atau skimmer.

Lokasi kolam renang

 

Lokasi di mana kolam renang berada perlu ditentukan karena ini juga akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan dilakukan sang kontraktor kolam renang. Posisi apakah kolam renang akan langsung di tanah, di atas tanah ataupun digantung pada lantai tertentu pada rumah (kolam renang gantung), hal ini perlu didiskusikan sang pemilik dengan kontraktor kolam renang.

Saat pembangunan kolam renang akan ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti seperti konstruksi kolam, sistem jalur pemipaan dan filtrasi kolam renang, panel dan kelistrikan, dan lain-lain.

Anggaran untuk pembuatan kolam renang

 

Hal berikutnya yang cukup penting di dalam desain kolam renang adalah anggaran. Dalam hal ini, pemilik rumah harus dengan jujur dan nyaman membicarakan nilai anggaran yang ada terhadap kontraktor kolam renang atau konsultan kolam renang agar mereka dapat mempertimbangkan fitur apa saja yang dapat ditambah untuk kolam renang.

Pemilik rumah juga dapat meminta agar kolam renang didesain dengan konsep kolam renang minimalis ataupun kolam renang mewah. Tentunya beragam hal harus didiskusikan seperti apakah hendak menggunakan finishing mosaik kolam renang impor, fitur pijat seperti halnya Cobra Water Curtain, memakai lampu kolam renang buatan Jerman, bagi yang tidak menyukai kaporit dapat menggunakan alat penjernih kolam renang tanpa kaporit, bagi pemilik yang tidak punya waktu dapat menggunakan pembersih kolam renang otomatis berupa robot vakum kolam renang, dan penggunaan fiber optik serta beragam hal hal lain yang dapat dibahas.

Teras kolam renang

 

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah teras kolam atau terkadang disebut juga dek kolam (pool deck). Karena desain kolam renang biasanya tidak terpisahkan dengan dek kolam renang tersebut. Dek kolam renang tentunya harus cukup luas apabila sang pemilik kolam akan banyak beraktivitas di dan disekitar kolam renang tersebut.

Beberapa hal perlu diperhatikan untuk di dek kolam seperti halnya apakah akan ada peletakan perabot di sana. Selain itu dek kolam yang baik adalah harus menggunakan material anti slip yang tidak licin demi keselamatan para pengguna kolam. Material dek juga haruslah awet dan tidak mudah rusak oleh air.

Kontraktor kolam renang dan pemilik kolam renang perlu memikirkan agar konsep kolam renang dengan dek kolam dapat menjadi sinkron.

Apabila anda membutuhkan jasa konsultasi kolam renang, kontraktor kolam renang ataupun hanya ingin membeli peralatan kolam renang, jangan ragu untuk menghubungi Esparindo.

Comment