Apa itu Dosing Pump

Dosing pump atau pompa injeksi kimia adalah pompa yang digunakan untuk menginjeksi atau menambahkan suatu cairan kimia dalam jumlah tertentu ke dalam suatu cairan yang jumlahnya lebih banyak (biasanya air). Misalnya menginjeksi kaporit cair kedalam air kolam renang sebagai disinfektan.

Tidak seperti pompa pada umumnya, aliran cairan yang dipompakan pompa injeksi kimia akan terputus-putus dan sedikit demi sedikit. Pompa dosing merupakan jenis positive displacement pump, dimana tipe yang umum digunakan untuk pompa injeksi kimia ini adalah diaphragm, piston dan plunger. Biasanya pompa model ini memiliki debit/flowrate yang kecil tetapi tekanan/head yang besar dan debit pompanya juga dapat diatur sesuai kebutuhan.

Proses injeksi cairan kimia oleh dosing pump dapat dilakukan pada sistem tertutup (close system) atau sistem terbuka terhadap udara sekitar (open to atmosphere). Pada sistem tertutup, biasanya proses injeksi dilakukan pada pipa dengan air yang mengalir. Pompa dosing yang digunakan harus memiliki tekanan yang lebih besar dari tekanan air yang mengalir agar cairan dapat masuk ke dalam sistem. Sedangkan pada sistem terbuka tidak perlu menggunakan pompa bertekanan tinggi karena cairan langsung keluar ke bak penampungan.

Karena dosing pump ini digunakan untuk aplikasi cairan kimia, kita perlu memilih pompa ini dengan material yang tahan terhadap cairan kimia yang akan dipompakan. Selain itu konsentrasi dan suhu cairan kimia juga mempengaruhi ketahanan material pompa tersebut. Tekanan dan debit pompa juga harus disesuaikan dengan aplikasi di lapangan.

PT Esparindo Dayamegah menyediakan dosing pump merk PULSAFEEDER dari USA dan OBL dari Italy yang berada pada naungan IDEX Corporation. Kedua merk pompa ini sudah banyak digunakan di Indonesia pada berbagai industri, pulp & paper, kolam renang, instalasi pengolahan air (IPA), instalasi pengolahan air limbah (IPAL), farmasi, petrochemical, oil & gas, pertambangan, dan lain-lain.

Selain pompa dosing kimia, kami juga menyediakan pompa untuk transfer cairan kimia yang akan dibahas pada artikel berikutnya. Silahkan menghubungi kami untuk permintaan harga dan diskusi mengenai produk pompa injeksi kimia yang diperlukan.

Comment