Beragam Chemical Pump Untuk Segala Macam Cairan Kimia

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai cara kerja dosing pump cairan kimia yang berfungsi untuk menginjeksi cairan kimia dalam jumlah tertentu ke suatu cairan yang jumlahnya lebih banyak. Kali ini, kami akan membahas pompa kimia (chemical pump) yang fungsinya berbeda dengan dosing pump walaupun sama-sama digunakan untuk memompakan cairan kimia.

Pompa kimia atau disebut juga pompa transfer kimia digunakan untuk memindahkan atau mendistribusikan cairan kimia dalam jumlah besar dari satu tempat ke tempat penampungan lainnya. Pompa ini harus memiliki material khusus yang tahan terhadap cairan kimia yang bersifat korosif.

Berikut kami akan membahas lebih detail mengenai chemical pump merk REGALINE yang disuplai oleh PT ESPARINDO DAYAMEGAH.

Macam Macam Pompa Transfer Kimia Regaline

Pompa Regaline tipe FEP

Tipe ini merupakan tipe paling standar dari chemical pump REGALINE, dimana seluruh casing pompa dan impellernya terbuat dari material fluoroplastics alloy. Untuk mechanical seal terbuat dari polytetrafluoroethylene - aluminium oxide dan gasket atau oring terbuat dari Viton. Material tersebut sudah didesain untuk dapat menahan bahan kimia yang korosif.

Regaline FEP Chemical Pump

Pompa Regaline tipe RFEP

Tipe pompa kimia RFEP hampir mirip dengan tipe FEP, hanya saja casing luar pompa terbuat dari cast iron. Bagian dalam casing tersebut dilapisi dengan lapisan liner dari fluoroplastics alloy agar cairan kimia tidak merusak  casing yang terbuat dari cast iron.

Tujuan menggunakan casing dari cast iron agar pompa lebih kuat dan kokoh karena flowrate dan debit yang dihasilkan pompa tipe RFEP lebih besar dibandingkan dengan tipe FEP.

Regaline RFEP Chemical Pump

Pompa Regaline tipe FSP

Pompa kimia FSP memiliki material yang sama dengan dengan tipe FEP. Kelebihan chemical pump ini adalah dapat melakukan self priming. Hal ini membuat pompa ini cocok digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan daya hisap yang kuat.

Regaline FSP Chemical Pump

Pompa Regaline tipe UHMW-PE

Tipe pompa kimia yang terakhir adalah UHMW-PE. Sama sepeti namanya, pompa ini memiliki material HT200/UHWMWPE pada casing dan impellernya. Dengan material tersebut, pompa ini sangat cocok digunakan untuk memompakan cairan yang mengandung partikel halus yang dapat menggores bagian dalam pompa.

Material pada pompa ini lebih kuat dan tahan terhadap gesekan dibandingkan dengan material fluoroplastics alloy.

Regaline UHMW-PE Chemical Pump

Dari segi bentuk dan cara kerja, pompa kimia ini sama dengan pompa sentrifugal end suction atau pompa keong untuk transfer air. Hanya saja hanya materialnya dikhusukan untuk cairan kimia. Model penyambungan atau couple antara pompa dan motor juga sama dengan sistem long couple.

Pompa ini juga sangat cocok untuk aplikasi transfer air laut atau air asin. Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan harga produk, silakan menghubungi PT ESPARINDO DAYAMEGAH, tim sales kami akan siap membantu anda.

Comment