Model pompa air laut yang disediakan Esparindo

Air laut atau air asin merupakan air dengan kandungan garam yang sangat tinggi dan bersifat sangat korosif untuk beberapa jenis logam. Oleh karena itu, pemilihan pompa air laut tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan material yang sesuai. Umumnya pompa ini digunakan untuk aplikasi tambak, aquarium, seaworld, pembangkit listrik dan industri lain yang berada di tepi laut.

Pompa air pada umumnya menggunakan material cast iron (besi cor) atau stainless steel 304. Apabila digunakan untuk memompakan air asin, pompa air ini akan perlahan berkarat dan terkikis dari dalam. Lama kelamaan menyebabkan impeller rusak dan beberapa bagian body pompa air bocor. Untuk material stainless steel yang tahan terhadap air laut adalah stainless steel 316L, tetapi harga yang menggunakan material ini pastinya akan sangat mahal.

Oleh karena itu, material plastik menjadi pilihan yang paling tepat untuk aplikasi sebagai pompa air laut karena harganya cukup murah dan juga ketahanan terhadap kadar garam sangat baik. PT ESPARINDO DAYAMEGAH menyuplai beberapa merek pompa dengan material plastik yang dapat diaplikasikan untuk air dari lautan. Pompanya adalah sebagai berikut:

Pompa air ESPA

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, pompa air merek ESPA memiliki berbagai tipe pompa dengan aplikasi yang berbeda. Ternyata pompa air ESPA juga dapat diaplikasi sebagai pompa air laut, yaitu model yang digunakan untuk kolam renang. Model ini menggunakan material plastik untuk semua area yang terkena air sehingga pompa ini tahan terhadap sifat korosif dari air laut.

Beberapa tipe pompa ESPA untuk aplikasi air dari lautan adalah Basic, Wiper, Silen dan Nadorself. Selain itu pompa ini juga bisa diaplikasikan untuk transfer cairan kimia.

Pompa Kolam Speck Pumpen

Pompa kolam renang Speck Pumpen merupakan merek pompa air yang berasal dari Jerman. Merek ini sudah sangat dikenal dan banyak digunakan di Indonesia. Speck Pumpen terbagi menjadi 2 divisi, yaitu divisi pompa khusus industri dan divisi pompa kolam renang. Sama seperti ESPA, pompa air yang digunakan untuk aplikasi sebagai pompa air laut adalah model pompa kolam renangnya yang terbuat dari material polypropylene (PP). Beberapa tipe pompa Speck Pumpen untuk aplikasi ini yang tersedia adalah Badu Magic, Badu Top, Badu 90 dan Badu Resort.

Pompa Industri Regaline

Untuk merek REGALINE, untuk aplikasi air laut yang dapat digunakan adalah jenis fluoroplastic pump. Pompa fluoroplastic ini biasa digunakan untuk memompakan cairan kimia sifatnya sangat korosif sehingga pompa air Regaline sudah pasti bisa digunakan sebagai pompa air laut. Pompa ini sangat cocok untuk kebutuhan tekanan dan debit air yang besar.

ESPARINDO DAYAMEGAH selalu menyediakan berbagai pilihan pompa untuk berbagai macam aplikasi yang berbeda-beda agar dapat memberi kepuasan kepada semua customer. Semua produk yang disediakan juga pastinya berkualitas dan tahan lama. Kami tunggu inquiry dari anda untuk kebutuhan dari pompa air.

Comment