Peralatan Kolam Renang Yang Terpenting

Kolam renang bukan hanya sebuah bak berukuran besar yang terisi air. Kita tidak mungkin menguras kolam dan mengisinya kembali saat airnya sudah kotor. Kolam renang haruslah memiliki sebuah sistem sirkulasi agar air senantiasa jernih, bersih dan bebas dari kuman. Sistem sirkulasi ini terdiri dari beberapa peralatan kolam renang yang saling terhubung oleh sistem pemipaan yang baik, sehingga nantinya air kolam renang akan bersirkulasi dengan bantuan pompa kolam renang.

Peralatan tersebut terbagi menjadi 2, yaitu peralatan utama dan peralatan tambahan. Peralatan utama merupakan peralatan yang wajib ada pada sebuah kolam renang agar. Sedangkan peralatan tambahan hanya berfungsi untuk memperindah kolam renang dan menambah fitur pada kolam renang. Kali ini, kami akan membahas peralatan utama dan peralatan tambahan pada kolam renang.

Peralatan Utama

Pada artikel ini akan kami bahas mengenai peralatan kolam renang utama yang harus dimiliki setiap kolam renang tidak perduli kolam renang sederhana ataupun kolam renang mewah sekalipun.

Pompa Kolam Renang

Pompa kolam renang merupakan jantung dari sistem kolam renang. Sama seperti pompa air pada umumnya, pompa kolam renang berfungsi memompakan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Bedanya pompa kolam renang menghisap air kolam lalu mendorongnya kembali ke dalam kolam renang.

Jadi air di kolam akan terus berputar-putar dan bersirkulasi untuk mencampurkan obat kolam renang secara merata. Selain itu, material pompa kolam renang haruslah tahan terhadap bahan kimia. Biasanya bahan plastik technopolymer yang sering digunakan untuk material pompa kolam renang

Filter Kolam Renang

Filter kolam renang merupakan komponen peralatan kolam renang yang tidak kalah pentingnya dari pompa. Jadi pompa kolam renang akan memompakan air menuju filter terlebih dahulu sebelum air kembali ke kolam renang, sehingga air akan menjadi bersih kembali. Tabung filter kolam renang berisi media filter berupa pasir silika atau pasir kaca. Media ini lah yang akan menahan dan mengendapkan kotoran pada air kolam renang. Media filter kolam renang harus sering dibersihkan dengan metode backwash dan rinse agar kotoran yang mengendap pada media dapat terbuang. Proses pembersihan media ini dilakukan dengan mengatur tuas pada multiport valve (MPV) filter dan kemudian dibantu dorongan pompa.

Valve PVC Kolam Renang

Valve PVC merupakan salah satu bagian terpenting dari peralatan kolam renang yang digunakan untuk mengontrol laju air di kolam renang. Material PVC dipilih karena tahan terhadap bahan kimia pada obat kolam renang. Valve PVC yang sering digunakan pada kolam renang adalah ball Valve, check valve, foot valve, butterfly valve dan gate valve.digunakan untuk mengontrol laju air di kolam renang. Material PVC dipilih karena tahan terhadap bahan kimia pada obat kolam renang. Valve PVC yang sering digunakan pada kolam renang adalah ball Valve, check valve, foot valve, butterfly valve dan gate valve.

Perlengkapan Pembersih Kolam Renang

Seperti halnya sebuah rumah, kolam renang juga perlu dibersihkan lantai dan dindingnya. Biasanya akan ada kotoran mengendap di lantai kolam renang yang tidak tersaring saat sirkulasi, untuk itu lah perlu dilakukan proses vakum kolam. Selain itu, dinding dan lantai kolam renang  juga perlu disikat teratur untuk menghilangkan alga dan kotoran lain yang menempel. Perlengkapan pembersih kolam renang terdiri atas vacuum head, vacuum hose, telescopic handle, pool brush dan leaf skimmer. Apabila anda tidak ingin repot, anda juga dapat membersihkan kolam renang dengan pembersih kolam otomatis, yaitu robot vakum kolam. Robot ini akan bergerak secara otomatis ke semua area kolam renang baik lantai maupun dinding sambil membersihkan area yang dilewati.

Test Kit Kolam Renang

Walaupun test kit sebenarnya kurang tepat disebut peralatan kolam renang, tetapi tanpa adanya test kit untuk menganalisa kondisi air, maka kebersihan kolam renang sulit terjaga. Test kit kolam renang berfungsi mengukur parameter pada air kolam renang. Parameter yang umumnya diukur adalah free chlorine (klorin yang bekerja di kolam) dan pH. Dengan mengetahui parameter kolam renang, kita dapat mengatur kadar obat kolam renang yang akan dimasukkan. Apabila parameternya sudah ideal, kolam renang akan senantiasa jernih dan bebas dari kuman. Test kit kolam renang tersedia model manual yang pengukurannya dengan membandingkan warna dan model digital photometer.

Pada artikel berikutnya akan kami bahas mengenai Peralatan Kolam Renang Tambahan untuk menjelaskan beragam produk unik yang akan menambah fungsionalitas dari kolam renang anda.

Silahkan menghubungi kami untuk informasi lengkap dari peralatan kolam renang yang hendak anda gunakan.

Comment