Beragam Material Untuk Finishing Kolam Renang

Tentunya anda pernah mendengar orang menyebut mosaik kolam renang. Sebagai bagian dari kolam renang, finishing akan membuat tampilan kolam renang anda menjadi indah dan enak dipandang. Namun pemilihan material finishing kolam renang haruslah tepat dan sesuai dengan yang kita inginkan. Ada beberapa macam material dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti keramik, mosaik kaca, batu alam, batu sikat, dan vinyl.

Berikut akan dibahas secara detail beragam material kolam tenang tersebut untuk digunakan pada kolam renang.

Finishing Kolam Renang Keramik

Keramik merupakan material yang paling umum digunakan pada kolam renang. Harganya yang cukup murah dan memiliki pilihan warna serta motif yang beragam. Motif keramik kolam renang tertentu bisa di custom sesuai dengan keinginan kita. Ukuran keramik pun cukup beragam. Biasanya yang digunakan pada kolam renang umumnya berukuran lebih kecil yang sering disebut dengan keramik mozaik kolam renang.

Finishing Kolam Dengan Keramik | Sumber: Foto Proyek PT Esparindo

Permukaan keramik yang licin membuat kolam renang tampak berkilau dan kotoran seperti lumut tidak mudah menempel. Walaupun begitu, material keramik tetap memiliki pori-pori. Lama kelamaan, kotoran dan lumut yang ada di kolam renang dapat masuk kedalam pori-pori keramik dan akan sangat susah untuk dibersihkan. Hal ini dapat membuat warna keramik menjadi kusam.

Batu Alam

Apabila ingin kolam renang terlihat lebih natural, biasanya dapat menggunakan finishing kolam renang dari batu alam. Umumnya finishing kolam renang ini sering digunakan di Bali, dimana kolam renang akan menyatu dan cocok dengan model rumah-rumah di Bali yang terkesan tradisional. Pemasangannya juga tidak membutuhkan nat sehingga pemasangan akan lebih mudah dan lebih murah.

Finishing Kolam Dengan Batu Alam | Sumber: Foto Proyek PT Esparindo

Permukaan batu alam biasanya berpori dan tidak rata sehingga permukaannya tidak licin. Namun hal ini juga membuat kotoran dan lumut mudah untuk tumbuh dan masuk ke dalam pori-pori batu. Lama kelamaan warna batu alam akan berubah dan akan sangat susah dibersihkan. Selain itu, karena warna batu alam yang umumnya gelap, akan memberikan kesan air kolam renang terlihat kurang jernih dan cenderung hijau walaupun sebenarnya airnya bersih.

Batu Sikat

Material batu sikat ini memang masih jarang digunakan di Indonesia tetapi sudah sangat popular di luar negeri. Finishing ini menggunakan batu kerikil yang berukuran kecil dan ditempel di semua permukaan kolam renang. Sama halnya dengan batu alam, kolam renang dengan batu sikat akan terkesan lebih natural dan permukaan juga tidak licin.

Finishing Kolam Dengan Batu Sikat | Sumber: mjplasteringca.com

Namun dari segi pemasangan butuh ketelitian dan waktu yang cukup lama. Biaya pemasangannya pun jadinya akan lebih mahal. Apabila pemasangannya kurang baik, batu kerikil akan terlepas saat proses vakum dan sikat kolam renang.

Vinyl

Vinyl berbentuk lembaran membran PVC yang menutupi seluruh permukaan kolam renang. Biasanya vinyl juga berfungsi sebagai waterproofing pada kolam renang, sehingga tidak perlu mengaplikasikan bahan waterproofing pada beton kolam renang. Pemasangannya pun cukup mudah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan finishing lainnya.

Finishing Kolam Dengan Vinyl | Sumber: www.penguinpool.com

Dari segi estetika, vinyl kurang menarik dibandingkan dengan material lainnya dan warnanya pun lebih cepat pudar. Namun finishing ini dapat menjadi solusi untuk kolam renang dengan budget yang terbatas karena material dan biaya pemasangannya akan jauh lebih murah.

Finishing Kolam Renang Mosaik Kaca

Mosaik kaca ini merupakan finishing kolam renang paling eksklusif dibandingkan dengan material lainnya.  Kolam renang akan terlihat mewah dan elegan jika menggunakan mosaik kaca. Finishing ini juga memiliki banyak pilihan motif dan warna. Mosaik kaca juga dapat dicustom sesuai dengan keinginan kita seperti di campurkan warnanya, di gambar dengan metode pixelated dan digital printing. Selain itu, mosaik kaca juga dapat dipadukan dengan bahan lain seperti emas dan perak sehingga menciptakan motif yang unik dan mewah.

Finishing Kolam Dengan Mosaik Kaca

Karena terbuat dari kaca, mosaik ini tidak akan berpori sehingga lumut dan kotoran tidak dapat menempel. Warna dan motif mosaik kaca pun tidak akan luntur. Dengan begitu proses pembersian dan perawatan kolam renang akan lebih mudah. Kaca juga dapat memantulkan cahaya dengan baik, sehingga kolam renang akan indah berkilau. Mosaik kaca juga diaplikasikan untuk interior design di ruangan selain kolam renang.

Meskipun harganya cukup tinggi dibandingkan material lainnya, mosaik kaca dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama dan mudah dalam perawatannya. Kita juga akan puas melihat kolam renang yang indah dan mewah apabila menggunakannya sebagai mosaik kolam renang.

Akhir Kata

Pemilihan finishing kolam renang memang perlu memperhatikan beberapa faktor seperti motif yang disukai, lingkungan sekitar dan anggaran. ESPARINDO menyediakan finishing mosaik kolam renang EZARRI dari Spanyol dan TREND dari Italy dengan ciri khas dan motif yang unik dari masing-masing merek mosaik kolam renang.

Walaupun dari Eropa, harga mosaik kolam renang yang dijual Esparindo tetap bisa bersaing dengan finishing lain dan pastinya memiliki kualitas yang lebih baik. Silahkan menghubungi ESPARINDO untuk konsultasi mosaik kolam renang yang cocok untuk kolam renang anda.

Comment