Fiber optic untuk keindahan kolam renang

Fiber optic untuk aplikasi keindahan kolam renang? Seperti apa itu? Sebelum kita membahas mengenai aplikasi fiber optic untuk kolam renang, sebaiknya kita membahas singkat mengenai fiber optic dahulu yuk.

Mungkin sudah tidak asing lagi di zaman yang serba internet ini. Semua provider internet saat ini sudah beralih ke jaringan kabel fiber optic agar dapat menyediakan layanan internet yang lebih cepat dan stabil. Tidak seperti kabel pada umumnya yang berbahan tembaga, kabel fiber optic terbuat dari bahan kaca atau plastik. Kabel fiber optic tidak digunakan untuk mengalirkan listrik melainkan cahaya. Data dikirimkan dalam bentuk sinyal cahaya dan dialirkan melalui serat kaca atau plastik dari kabel fiber optic. 

Selain diaplikasikan pada bidang internet, ternyata fiber optic juga dapat bisa diaplikasikan pada bidang kolam renang. Fiber optic digunakan untuk menambah keindahan kolam renang pada malam hari. Berbeda dengan lampu kolam renang yang dipasang pada tembok kolam dan menyinari semua area kolam renang, fibre optic dipasang menyebar di lantai kolam renang sehingga memberikan efek bintang-bintang di dasar kolam renang.

Komponen utama pada lampu fiber optic kolam renang terdiri atas proyektor/ illuminator dan kabel fibre optic. Proyektor merupakan sumber cahaya dari lampu fiber optic. Proyektor berisi lampu led dan controller untuk mengatur cahaya yang akan dipancarkan. Proyektor biasanya dipasang di ruang pompa atau ruangan khusus yang kering dan dekat dengan kolam renang. Sedangkan kabel fiber optic digunakan untuk menyalurkan cahaya dari proyektor ke kolam renang.

Proyektor fiber optic terbagi menjadi 2 model yaitu single color (satu warna) dan RGBW (warna warni). Untuk model single color, warnanya sudah fix dan tidak dapat diganti-ganti. Beberapa pilihan warna untuk fiber optic single color, yaitu warm white, neutral white, studio white dan cool white. Sedangkan untuk model RGBW, pola warna lampu dapat diubah-ubah sesuai keinginan dengan menggunakan remote control. Kita dapat mengatur lampu untuk menyala 1 warna saja (misalnya biru, merah atau kuning) atau kita dapat memilih mode yang dapat membuat warna lampu terus beganti-ganti. Selain itu, proyektor fiber optic juga dapat dilengkapi dengan fitur Twinkle Wheel. Fitur ini berfungsi untuk membuat lampu fibre optic berkelap kelip sehingga memberikan efek seperti bintang di langit yang berkelap kelip.

Untuk memasang fibre optic pada kolam renang, terlebih dahulu tentukan jumlah titik lampu yang akan dipasang pada kolam renang. 1 titik lampu terdiri atas 1 kabel fiber optic, sehingga apabila ada 100 titik lampu, akan ada 100 tarikan kabel fibre optic dari proyektor menuju kolam renang. Semua kabel ini akan disambungkan ke proyektor sehingga cahaya dari proyektor dapat disalurkan menuju ujung kabel lainnya yang berada di kolam. 

Kemudian perlu ditentukan tempat proyektor fiber optic untuk diletakkan sedekat mungkin dengan kolam renang. Apabila posisi ruang pompa cukup jauh dari kolam renang, perlu dibuatkan sebuah ruangan khusus di pinggir kolam renang. Hal ini bertujuan agar kabel fiber optic yang menuju kolam renang tidak terlalu panjang. Semakin panjang kabel fiber optic yang digunakan, semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan, mengingat harga kabel fibre optic cukup tinggi. Perlu diperhatikan juga bahwa ruang untuk proyektor fiber optic haruslah terlindungi dari hujan, tidak boleh terendam air dan tidak boleh lembab agar proyektor tidak rusak.

Namun, untuk instalasi fiber optic kolam renang tidaklah mudah. Butuh koordinasi yang baik antara tim yang menginstal fiber optic dan tim yang memasang finishing kolam renang. Kendala lainnya adalah kabel fibre optic umumnya bersifat tipis dan rapuh. Kabel fiber optic mudah patah apabila ditekuk dan terkena benda tajam. Sering kali kabel putus saat proses instalasi, sehingga kabel yang putus sudah tidak dapat digunakan lagi karena tidak bisa disambung lagi.

Tapi untuk permasalahan tersebut, Esparindo sudah ada solusinya. Esparindo menyediakan produk fiber optic kolam renang merk Universal Fibre Optic (UFO) dari negara Inggris yang khusus memproduksi fiber optic untuk aplikasi kolam renang. Fiber optic merk UFO memiliki serat fiber yang lebih lentur dan lebih kuat sehingga tidak perlu khawatir rusak saat proses pemasangan. Fiber optic UFO juga memliki daya tahan yang kuat terhadap berbagai chemical kolam renang dan suhu yang panas. Oleh karena itu, fibre optic UFO juga dapat digunakan untuk aplikasi ruangan Sauna dan Steam yang memiliki suhu yang panas. Fiber optic akan dipasang di bagian atas ruangan untuk memberikan efek-efek bintang di langit. Selain ruang Sauna dan Steam, fiber optic juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan lainnya seperti kamar tidur.

kolam renang dengan fiber optic

Apabila anda tertarik dengan keindahaan lampu fiber optic, anda dapat menghubungi PT Esparindo Dayamegah untuk mendapatkan produk fiber optic yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda. Tim sales kami akan siap membantu Anda.

1 Comment