Apa Saja Perbedaan Sistem Sirkulasi Kolam Renang Overflow Dengan Sistem Sirkulasi Kolam Renang Skimmer?

Apakah anda mengetahui beda kolam renang sistem sirkulasi kolam renang overflow dengan skimmer? Kami menyadari bahwa tidak semua orang sudah mengetahui perbedaan sistem kolam renang overflow dengan sistem kolam renang skimmer. Kedua perbedaan sistem sirkulasi kolam renang tersebut akan kami jelaskan pada artikel di sini.

Kolam Renang Sistem Sirkulasi Skimmer

Kolam renang sistem skimmer adalah kolam renang yang menggunakan alat yang disebut skimmer. Alat ini berupa sebuah kotak yang akan ditanam pada dinding kolam renang. Nanti air pada permukaan kolam akan terhisap ke dalam skimmer dan mengalir ke pompa kolam renang dan filter kolam renang sebelum dikembalikan ke kolam renang menggunakan wall inlet (nozzle kolam renang pada tembok kolam).

Keunggulan Kolam Renang Sistem Sirkulasi Skimmer

Kolam renang sistem sirkulasi skimmer biasa memiliki keunggulan berupa penghematan pada pengunaan lahan serta penghematan biaya konstruksi kolam renang. Hal ini disebabkan kolam renang skimmer tidak memerlukan parit overflow (overflow gutter) dan juga tidak memerlukan balancing tank untuk menampung air.

Kelemahan Kolam Renang Sistem Sirkulasi Skimmer

Kolam renang skimmer akan tetapi memiliki kelemahan. Satu kelemahan adalah air tidak akan rata dengan bibir kolam. Jadi air akan turun beberapa sentimeter di bawah bibir kolam seperti halnya pada bak mandi. Jadi secara estetika terlihat tidak seindah kolam renang overflow yang airnya rata dengan bibir kolam.

Kelemahan kedua adalah dikarenakan level air tidak rata dengan bibir kolam, maka akan timbul garis kotor (scum line) pada dinding kolam yang terlihat menganggu dan akan sangat sulit dibersihkan. Selain itu finishing kolam pada sisi yang tidak terkena air biasa warnanya akan berubah.

Kelemahan ketiga adalah sistem sirkulasi skimmer biasanya memerlukan waktu sirkulasi lebih lama dari sistem kolam renang overflow yang disebabkan sistem skimmer biasanya lebih rendah efektivitas kerjanya.

Kolam Renang Sistem Sirkulasi overflow

Kolam renang sistem overflow adalah kolam renang yang airnya rata dengan bibir kolam. Air tersebut lalu akan meluap ke dalam parit (atau disebut juga dengan overflow gutter), yang kemudian air tersebut akan mengalir ke bak penampungan (disebut juga balancing tank) sebelum diisap oleh pompa kolam renang untuk disaring dengan filter. Kemudian air akan kembali ke kolam renang melalui floor inlet (nozzle pada dasar kolam).

Biasa sistem kolam renang overflow bisa terdiri dari:

  1. Kolam full overflow

  2. Kolam semi overflow

  3. Kolam Infinity

Keunggulan Kolam Renang Sistem Sirkulasi Overflow

Kolam renang sistem sirkulasi overflow memiliki keunggulan dalam segi estetika. Biasanya kolam ini terlihat lebih indah. Selain itu parit overflow itu sendiri bisa dimodifikasi menjadi tertutup atau tidak terlihat. Terdapat beragam cara untuk membuat agar parit overflow menjadi tidak terlihat.

Kelemahan Kolam Renang Sistem Sirkulasi Overflow

Kelemahan kolam renang sistem sirkulasi overflow apabila dibandingkan dengan sistem skimmer adalah sistem overflow membutuhkan parit overflow dan balancing tank. Kedua fitur tersebut membutuhkan lahan yang cukup dan memerlukan biaya untuk pekerjaan sipilnya.

Demikian informasi dari kami perihal perbedaan dua sistem sirkulasi kolam renang. Semoga informasi akan perbedaan kolam renang sistem sirkulasi overflow dengan kolam renang sistem sirkulasi skimmer ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

Bagi anda yang membutuhkan jasa konsultan dan kontraktor kolam renang, silahkan menghubungi kami di Esparindo.

Comment