Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Air merupakan salah satu kebutuhan utama di sebuah rumah. Air digunakan untuk mencuci, mandi, memasak dan lain-lain. Apabila tidak ada air, banyak kegiatan di rumah tangga tidak dapat dilakukan. Oleh karena ini, ditribusi air dirumah tangga harus didesain dengan baik agar tidak ada masalah kehabisan air. Komponen utama dalam pendistribusian air di rumah adalah pompa air. Pompa air rumah tangga bertugas mendistribusikan air dari sumber air sampai ke pemakaian, seperti kran, shower, toilet dan lain-lain.

Untuk kebutuhan rumah tangga, idealnya pompa air yang digunakan ada 2 unit agar pendistribusian airnya merata. Pompa air pertama biasa diletakkan di lantai paling bawah, sehingga sering disebut dengan pompa bawah. Pompa ini digunakan untuk memindahkan air dari ground tank atau sumur menuju ke troof tank atau bak penampungan di atas rumah. Biasanya pompa bawah dikontrol oleh otomatis berupa water level control (WLC), radar atau float switch.

Sistem otomatis pompa air rumah tangga

Sistem otomatis pengatur pompa air yang digunakan juga ada 2, untuk mengontrol level air di ground tank dan roof tank. Otomatis di roof tank berfungsi memberikan sinyal untuk pompa air hidup apabila air di roof tank sudah kosong dan mati ketika air sudah penuh. Sedangkan otomatis di ground tank berfungsi sebagai pengaman dari dry running. Apabila air di ground tank kosong, pompa air tidak dapat menyala.

Sedangkan pompa air kedua diletakkan di atap dekat dengan roof tank dan disebut sebagai pompa atas. Pompa atas berfungsi mendorong air dari toren menuju ke pemakaian. Pompa atas ini biasanya dipasang otomatis yang berfungsi menyalakan pompa air ketika kran dibuka (ada pemakaian air) dan mematikan pompa air ketika keran ditutup (tidak ada pemakaian air). Biasanya otomatis ini juga sudah dilengkapi dengan pengaman dry running agar pompa air tidak menyala saat roof tank kosong.

Namun tidak jarang di rumah-rumah masing menggunakan 1 unit pompa air saja agar hemat listrik. Ada yang menggunakan pompa air untuk mendorong air dari ground ke roof tank atas, kemudian air dari roof tank akan mengalir secara gravitasi ke pemakaian. Kelemahan sistem ini, yaitu air yang keluar tidak deras dan pendistribusiannya tidak merata. Pada beberapa titik kran yang jauh dari roof tank, air yang keluar akan sangat kecil.

Lainnya menggunakan 1 unit pompa air untuk mendorong langsung dari ground tank ke pemakaian. Kelemahannya, apabila pompa air sedang rusak, air tidak akan bisa mengalir ke pemakaian sama sekali.

Gunakanlah pompa air yang berkualitas dan jarang rusak. Spare part nya juga harus selalu tersedia agar penanganannya cepat saat mengalami kerusakan. PT ESPARINDO DAYAMEGAH menyediakan pompa air rumah tangga ESPA yang masih diproduksi di Spanyol dan pompa air all stainless steel REGALINE yang digunakan untuk aplikasi air panas.

Untuk kualitas sudah pasti tidak perlu diragukan lagi dan dapat beroperasi untuk jangka panjang. Spare part dan tim teknis yang handal juga selalu siap apabila ada masalah dengan pompa air tersebut. Silahkan menghubungi PT ESPARINDO DAYAMEGAH untuk kebutuhan pompa air rumah anda dan konsultasi mengenai kendala pada pompa air anda.

Comment