Pentingnya mengetahui cara merawat kolam renang

Sebagian rumah beruntung bisa dilengkapi fasilitas kolam renang, namun konsekuensinya perawatan kolam renang akan menjadi rutinitas tambahan yang perlu diperhatikan. Lantai dan dinding kolam maupun area di sekitarnya perlu dijaga kebersihannya. Selain itu, air kolamnya pun perlu dijaga kebersihan serta diperiksa nilai parameter airnya (dengan menggunakan alat analisa parameter kolam renang). Beberapa cara praktis berikut ini dapat diterapkan untuk merawat kolam renang supaya air kolam tetap sesuai dengan standar dan ketentuan yang ada.

Air kolam renang yang terawat

Pastikan Sistem Sirkulasi Kolam Renang Beroperasi Dengan Baik

Komponen sistem sirkulasi diantaranya adalah pompa dan filter. Sistem sirkulasi kolam renang yang terdapat pada ruang pompa harus diperhatikan. Keadaan pompa dan filter diharuskan beroperasi dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan kondisi air kolam renang menjadi kotor dan tidak sehat apabila sistem sirkulasi tidak beroperasi dengan baik. Lakukan pengecekan pompa dan backwash filter secara berkala untuk menghindari air kolam renang menjadi kotor. 

Menjaga Kebersihan Kolam Renang

Menjaga kebersihan kolam renang sebagai bagian tata cara merawat kolam renang sangat Penting. Kebersihan harus terjaga pada semua sisi kolam renang. Terdapat beberapa hal yang mengganggu kebersihan kolam renang. Salah satunya adalah pepohonan yang terdapat di sekitar kolam yang menyebabkan dedaunan berjatuhan ke dalam kolam. Apabila dibiarkan maka dapat mengotori dinding atau bahkan lantai kolam. 

Hal ini perlu dilakukan pembersihan secara manual. Alat perawatan kolam renang ini berupa Leaf Skimmer, Pool Brush, Telescopic Handle, Vacuum head, dan Vacuum Hose. Langkah dan penggunaan untuk masing-masing alat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gunakan leaf skimmer dan telescopic handle untuk mengambil dedaunan yang sulit dijangkau pada area sekitar kolam renang.

  • Setelah dedaunan diambil, lakukan sikat pada dinding dan lantai kolam apabila ada noda atau kotoran yang terlihat.

  • Setelah dedaunan diambil lakukan vacuum dengan menggunakan vacuum head, telescopic handle, dan vacuum hose untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di dasar kolam.

Menggunakan Obat Kolam Renang Secara Sesuai

Air adalah komponen terpenting pada kolam renang karena langsung bersentuhan dengan kulit. Air kolam yang terkontaminasi oleh patogen dapat memberikan dampak penyakit pada kulit. Oleh karena itu, pemilik kolam renang wajib menjaga kadar kimia supaya air yang terdapat pada kolam renang tetap jernih dan mengurangi perkembangan patogen di dalam bagian merawat kolam renang.

Umumnya, kita wajib memeriksa kadar pH dan Cl kolam renang secara rutin (minimal 2 kali dalam seminggu). Kandungan kimia pada air kolam dapat diketahui melalui test kit pH dan Cl. Dengan begitu, kita dapat menentukan jenis obat kolam renang (pool chemical) yang akan digunakan sesuai dengan kondisi terakhir air kolam. Opsional bisa ditambahkan dengan obat kolam renang Lo-Chlor Miraclear Blue supaya air kolam lebih terlihat jernih.

Meminimalkan Pertumbuhan Alga

Pertumbuhan alga yang terjadi pada kolam renang dapat membuat air kolam terlihat lebih hijau. Cara yang baik adalah membuat suasana di sekitar kolam teduh agar kolam tidak terkena banyak paparan matahari. Terdapat banyak cara untuk membuat desain sekeliling kolam renang menjadi teduh.

Salah satu cara menggunakan tanaman. Hanya perlu dipastikan agar pepohonan atau tanaman yang digunakan dedaunannya tidak mudah gugur dan rontok ke dalam kolam. Pastikan juga tanah tidak akan dapat masuk ke dalam kolam renang dengan mudah.

Bagi anda yang membutuhkan bantuan di dalam merawat kolam renang, silahkan menghubungi kami di Esparindo dan kami akan siap membantu anda.

Comment